Istilah Grafik Komputer ditemukan oleh seorang pria bernama William Fetter pada tahun 1960, saat itu Fetter membentuk sebuah desain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3D. Penasaran dengan gambarnya?? Langsung lihat saja pada gambar di bawah ini :
Grafik Komputer itu sendiri merupakan suatu proses
pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra (citra). Model berasal
dari beberapa bidang seperti fisik seperti matematik, artistik dan bahkan
struktur abstrak. Untuk memahami lebih dalam mengenai Grafik Komputer, berikut
beberapa contoh pengimplementasiannya :
1.
Computer
Aided Design (CAD), misalnya untuk membuat desain dari sebuah bangunan,
jembatan, kendaraan, dll.
2.
Pendidikan dan Pelatihan, misalnya untuk membuat
simulasi untuk menerbangkan pesawat, simulasi terjadinya gempa dan tsunami.
3.
Hiburan, misalnya pembuatan game baik itu 2D maupun 3D,
Film animasi
4. Visualisasi, misalnya visualisasi rumah adat dengan pemanfaatan teknologi Virtual Reality
Toys Story Film Animasi 3D |
Virtual Reality Environment Design |
Desain Jembatan dengan Autocad |
Alur Pengolahan Citra |
Untuk memahami lebih dalam mengenai Pengolahan Citra,
berikut beberapa contoh pengimplementasiannya :
1.
Bidang Pertanian, pengolahan citra sering sekali
digunakan pada bidang ini contohnya seperti untuk mengidentifikasi tingkat
kematangan buah berdasarkan warnanya, menentukan jenis cacat biji kopi.
2.
Bidang Perdagangan, contoh paling sederhana
adalah pembacaan barcode pada supermarket.
3.
Bidang Kedokteran, beberapa tekologi pengolahan
citra yang sering digunakan pada bidang ini adalah rontgen dan usg.
Barcode |
USG |
Tingkat Kematangan Buah Pisang |
Sekian informasi yang saya dapat bagi dengan kalian, semoga
ilmunya bermanfaat ya J
Ref:
http://nana.lecturer.pens.ac.id/index_files/materi/Teori_Citra/02Pengantar%20Kuliah%20Pengolahan%20Citra.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar